KONEKSI RANGKA KUDA-KUDA BAJA RINGAN DI TUMPUAN

KONEKSI RANGKA KUDA-KUDA BAJA RINGAN DI TUMPUAN

Pada dasarnya rangka kuda-kuda baja ringan harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok . Akan tetapi karena kondisi yang terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan untuk terhubung dengan balok memerlukan koneksi .
Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator baja ringan / pemasang baja ringan untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dengan balok melalui antara lain sebagai berikut :
1. Sambungan rangka kuda-kuda dengan L braket . Penyambungan rangka kuda-kuda baja ringan dihubungkan dengan screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt . Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yang dihitung dan hasil dari perhitungan dari engineer.
2. Penyambungan dengan siku dibentuk dari truss yang dibentuk menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dengan L braket . Akan tetapi dengan menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yang tidak terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah / hemat . Akan tetapi apabila memakai bahan baru untuk dibentuk L braket maka pemakaian truss untuk bahan ini jadi lebih boros .
3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan yang berbentuk setengah kuda-kuda atau kuda-kuda baja ringan yang menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda baja ringan di klem dengan koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding
Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan baja ringan benar-benar flat dan baik

0 Responses to "KONEKSI RANGKA KUDA-KUDA BAJA RINGAN DI TUMPUAN"